Pelatihan Inseminasi di Cinagara BOGOR

Pelatihan Inseminasi di Cinagara BOGOR
Pelatihan Inseminasi Buatan Di Cinagara Bogor

Rabu, 12 Desember 2012

CARA PERSEMAIAN BASAH PADI SAWAH

SINOPSIS
Judul Materi : Cara Persemaian Basah Padi Sawah
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini dalam rangka pertemuan Penyuluhan  tentang Cara membuat persemaian basah padi sawah supaya dapat memperoleh hasil yang lebih baik.
             
 Sebelum membuat persemaian terlebih dahulu disiapkan benih unggul yang berlabel Biru (Benih bersertfikat). Benih yang telah disiapkan perlu dilakukan penyeleksi dengan cara merendam benih kedalam air untuk mengetahui benih yang bermutu atau yang baik. Benih dilakukan perendaman dengan larutan ZPT dan belerang dalam baskom yang berisi air, benih yang terampung dibuang dan yang tenggelam yang digunakan. Lakukan perendaman benih selama 12-24 jam selanjutnya ditiriskan atau diperam diatas terpal selama 24-48 jam sampai benih berkecambah. 


Sebelum penyebaran benih terlebih dahulu dilakukan persiapan lahan persemaian mulai dari pembabatan sampai dengan pembuatan bedengan. Setelah selesai pembuatan bedengan tempat persemaian baru diberikan pupuk urea dengan ukuran 10 grm/m². Benih yang telah direndam tadi baru ditabur pada bedengan secara merata. Setelah itu baru benih diatas bedengan ditutup dengan jerami, untuk menjaga agar tidak dimakan burung.
            Demikian cara membuat persemaian basah dapat dilaksanakan dilokasi masing-masing.
                                                                               
   
                                                                   Penyuluh


                                                           ROZAMA  NDRURU



Tidak ada komentar:

Posting Komentar